6 Cara Memetakan Data Dengan Hibernate, Programmer Pemula Wajib Tahu

Ketika anda mengambil kursus programming online di Nextgen, anda pun bisa mempelajari tentang Hibernate. Hibernate sendiri adalah software yang memiliki fungsi untuk memetakan tipe data pada SQL maupun tabel pada database. Adapun cara untuk memetakan data menggunakan Hibernate ini menggunakan anotasi Java. Berikut simak bagaimana caranya.

Cara Memetakan Data Memakai Hibernate

  1. Buatlah Class Entitas

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat class entitas terlebih dahulu. Adapun class entitas ini sendiri merupakan mapping class yang diubah oleh Hibernate menjadi tabel database. Umumnya, 1 class tersebut akan mempresentasikan 1 tabel.

Sehingga untuk memudahkan proses dari pembuatan class entitas ini, maka anda pun bisa membuatnya dengan menggunakan class diagram. Pembuatan class diagram ini akan memudahkan anda untuk melihat adanya relasi antar kelas tersebut. Sehingga cara memetakan data pertama dengan menggunakan Hibernate ini adalah membuat coding class entitas.

  1. Melanjutkan Dengan Membuat Object Session Factory

Ketika anda telah selesai membuat class entitas, maka bisa dilanjutkan dengan membuat object session factory. Fungsi dari object session ini akan berguna untuk melakukan koneksi ke database. Untuk membuatnya sendiri yakni bisa dilakukan dengan cara yakni memakai class HibernateUtil.

  1. Buat Data Acces Object

Setelah selesai membuat object session factory, anda bisa melanjutkan ke tahapan yang ketiga yakni membuat data acces object atau yang dikenal dengan DAO. Hal ini berguna agar nantinya data low level mampu terpisah dari bisnis proses yang ada pada aplikasi. Selain itu, setiap metode DAO harus memiliki nilai balik untuk menunjukkan status operasional ketika dipanggil.

  1. Membuat Service

Tahapan selanjutnya dalam cara memetakan data menggunakan Hibernate adalah dengan membuat service. Service ini sendiri dapat dikatakan sebagai interface yang mana berisi nilai yang sama dengan metode DAO. Adapun interface ini nanti akan digunakan oleh aplikasi utama. Dengan begitu, hasilnya yakni bisnis proses aplikasi akan terpisah total dari data-data yang memiliki sifat low level.

  1. Konfigurasi Hibernate

Cara memetakan data menggunakan Hibernate terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan konfigurasi Hibernate. Konfigurasi Hibernate satu ini bisa anda lakukan dengan menggunakan file XML. Apabila file XML telah lengkap dan berisi class driver, dialect database, hingga konfigurasi database serta class class yang di mapping dan lainnya.

  1. Tambahan Lain Dalam Memetakan Data Memakai Hibernate

Dalam memetakan data menggunakan Hibernate sendiri, terdapat beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui. Mulai dari MySQL 5 yang mana merupakan salah satu dialect database. Namun, dialect database ini sendiri akan berbeda beda tergantung dari jenis database yang digunakan.

Selanjutnya, ada pula Auto yang mana berfungsi untuk menjalankan proses pembuatan tabel secara otomatis pada Hibernate. Kemudian, ada pula Nilai Drop yang memiliki fungsi untuk menghapus tabel dan selanjutnya ada Nilai crate drop yang memiliki fungsi untuk melakukan drop tabel pada saat sessionfactory ketika di shutdown oleh pengguna. Selain itu, ada juga nilai lain yang berfungsi untuk memetakan data.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu untuk memetakan data dengan memakai Hibernate. Jika anda ingin mempelajarinya dengan lebih lanjut, tak ada salahnya untuk bergabung dan melakukan kursus online di nextgen.co.id. Dengan begitu, apabila anda tertarik untuk mencoba Java web Framework Hibernate, maka anda pun bisa bergabung. Untuk info lebih jelasnya, anda bisa cek website dari Nextgen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *